Toyota Sprinter Trueno AE86, Sedan Drift Si Tukang Tahu

momobil.id – Initial D merupakan serial animasi Jepang yang cukup legendaris. Ditayangkan sekitar tahun 1998, serial animasi ini menceritakan tentang seorang anak muda bernama Takumi Fujiwara yang sehari-harinya bertugas membawa tahu jualan sang ayah. Namun diam-diam ia juga tertarik dengan dunia balap mobil. Balapan itu sendiri mengambil tempat di jalanan pegunungan Akagi di Jepang yang sempit dan menukik tajam. Kondisi jalanan tersebut membuat Initial D sering menggunakan sedan miliknya untuk melakukan teknik drift yang menjadi adegan ikonik dari serial ini.

Namun, apakah kamu tahu jika sedan drift pembawa tahu yang dibawa oleh Takumi Fujiwara benar-benar ada di dunia nyata? Mobil yang digunakan Takumi Fujiwara adalah Toyota Sprinter Trueno AE86 keluaran tahun 80an. Mobil ini dibekali dengan mesin 1.600 cc RWD. Kode AE86 memiliki penjelasan mengenai spesifikasi mobil ini. Dalam kode Toyota klasik, “A” mewakili mesin yang ada di mobil (seri 4A), “E” mewakili Corolla, “8” mewakili generasi kelima (seri E80) dan “6” mewakili variasi dalam generasi ini.

Di Indonesia, mobil ini sempat dipamerkan dalam acara IMX 2018 setahun silam. Karena unik dan ikonik, dalam acara ini Toyota Sprinter Trueno AE86 ada yang berminat membelinya seharga Rp1,7 miliar! Ditawar hingga Rp1,7 miliar, mobil tersebut memang cukup menggoda. Mesin hasil restorasinya sangat apik dan bersih. Mobil ini adalah milik Jacky dari Jakarta. Ia membeli mobil tersebut dari Jepang dalam kondisi bekas. “Tanggal 2 Agustus mulai pekerjaan (restorasi). Sampai kelar, makan waktu 3,5 bulan,” kata Jacky Suwandi.

Bisa dikatakan, mobil ini mendekati keaslian Toyota AE86 Trueno milik Takumi Fujiwara. Mulai dari cat bodinya yang memadukan warna biru dengan garis putih, hingga aksara Jepang yang tertulis di bodi sampingnya.

Tidak hanya itu, mobil ini juga mendapatkan pelat nomor ala pelat nomor kendaraan Jepang. Dan yang bikin mengejutkan lagi, di dekat dasbornya terdapat gelas plastik kecil berwarna putih. Bagi yang belum tahu, gelas kecil ini digunakan karakter Takumi Fujiwara untuk mengetes keandalannya nge-drift di jalanan pegunungan Akina. Jika air tidak tumpah, maka ia berhasil menjalani tantangan ayahnya.

Baca Juga: Berbahaya! Jangan Paksa Ban Mobil Kempes Terus Berjalan

Melihat data spesifikasi di mobil milik Jacky ini untuk bodinya sudah pakai bodykit jenki Initial D, muffler Initial D, header custom, cat body kansai, glossy sikens, dan tail lamp jenki. Sedang untuk engine-nya bore up PnP with CNC, coil, busi, individual throtle body 45 derajat, wiretuck pipa-pipa, radiator sard, fan spall, coilover max, kaliper depan Honda Jazz, LSD TRD final gear, oil catch tank mishimoto, peredam full body zero, interior leather wolsdrof, retrim vertue, pelek watanabe 14 inci, stir itavolanti, dan ECU standalone. Berminat membawa pulang mobil pembawa tahu ini?

Sumber gambar: World of Mods

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *