Tak Semua Aksesori Mobil Bisa untuk Gaya-gayaan, Pertimbangkan Faktor Keamanan Mengemudi

momobil.id – Pemilik mobil sering kali menambahkan aksesori untuk menambah estetika dan kenyamanan selama berkendara. Alih-alih menambah estetika dan kenyamanan, penambahan aksesori terkadang justru membahayakan pemilik mobil tanpa mereka sadari.

Penggunaan aksesori mobil yang kurang tepat berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan. Dihimpun dari beberapa sumber, berikut beberapa aksesori mobil yang sebaiknya dihindari:

Sarung stir

Sarung stir mobil cukup banyak dijumpai di pasar aftermarket. Selain menambah estetika, sarung stir mobil berfungsi untuk menambah grip saat mengemudi. Jika ukurannya pas, maka tidak masalah. Namun jika kurang pas atau longgar, hal ini dikhawatirkan akan mengurangi tingkat presisi pengendalian mobil. Karena itu, ketika memilih sarung stir mobil, pastikan ukurannya pas. Beberapa penyedia sarung stir di pasar aftermarket ada yang memperbolehkan pembeli menukar kembali sarung stir yang sudah dibeli jika ukurannya kurang pas.

Foglamp berwarna

Fungsi utama foglamp ialah meningkatkan pengelihatan pengendara mobil di kala kondisi lingkungan sekitar sedang berkabut. Terkadang sering kali pemilik mobil mengganti foglamp mereka dengan yang lebih berwarna atau dilapisi plastik tambahan. Padahal, penggunaan foglamp berwarna dan dilapisi plastik dapat mengurangi visibilitas pengendara mobil saat cuaca berkabut dan akan sangat membahayakan.

Forklift knob

Aksesori ini membuat kendali setir tidak sepenuhnya berada di kedua genggaman tangan. Jika terjadi kondisi darurat, kendali kemudi tidak utuh pada kedua tangan dan akan fatal akibatnya. Selain itu, penambahan aksesori ini dapat menyebabkan cedera pada pergelangan tangan pengendaranya.

Cover pedal

Penggunaan cover pedal berbahan logam sangat sering digunakan untuk menambah kesan sporty pada interior mobil. Padahal, penggunaan cover berbahan logam akan membuat pedal menjadi licin dan membahayakan pengendara mobil. Pedal dari pabrikan sudah didesain dengan sedemikian rupa dengan berbahan karet untuk hasil yang lebih presisi.

Sumber gambar: Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *