Smart Berupaya Tingkatkan Kecepatan Mobil Listrik

momobil.id – Produsen mobil asal Jerman, Smart, berencana untuk mengalihkan mobil mereka yang semula bermesin konvensional menjadi mesin bertenaga listrik. Smart dikenal melalui dua mobil berukuran mini, yaitu ForTwo dan ForFour. Mereka juga berencana untuk mengembangkan teknologi mobil  listrik yang nantinya akan diimplementasi ke seluruh produk

Salah satu isu utama dari produsen yang sahamnya dimiliki oleh Daimler AG tersebut adalah soal kecepatan mobil listrik mereka. Setelah menjalani serangkaian uji coba, ternyata mobil listrik yang mereka kembangkan kecepatannya hanya mencapai 112 km/jam dengan penggunaan daya listrik sebesar 22 kWh.

Hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa mobil listrik keluaran Smart kalah jauh dalam hal kecepatan jika dibandingkan dengan mobil listrik keluaran kompetitor. Pengembangan teknologi baterai, termasuk penambahan kapasitas daya listrik merupakan salah satu cara Smart untuk meningkatkan kecepatan menjadi hampir 190 km/jam. Pengguna juga diperkirakan akan lebih leluasa untuk mendapatkan paket baterai dan lebih cepat ketika melakukan pengisian daya listrik dibandingkan dengan produk saat ini.  

Bersamaan dengan rencana pengembangan, Smart mulai menunjukkan desain mobil listrik terbaru di ajang pameran Frankfurt International Automobile Exhibition for Passenger Cars  pada September mendatang. Tampilan desain terbaru memiliki perubahan pada desain bumper dan lampu utama. Diperkirakan terdapat juga penambahan fitur pada interior mobil, contohnya pengisi baterai ponsel nirkabel.  

Baca Juga: Honda kembangkan teknologi hybrid untuk Honda City

Versi terbaru dari ForTwo dan ForFour mendatang sekaligus menjadi keterlibatan  yang terakhir oleh Daimler dalam pengembangan teknis kendaraan. Setelah itu, tanggung jawab akan diambil alih oleh Geely untuk mengembangan sistem penggerak utama dan sistem sumber tenaga mobil. Geely merupakan perusahaan asal Tiongkok,  secara resmi memegang 50 persen saham Smart dan pada akhirnya mengambil alih kuasa Daimler.

Sumber gambar: Auto Express

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *