Pentingnya Peran Oli Guna Mencegah Overheat Mesin Mobil

momobil.id – Mobil yang terhimpit oleh kemacetan dalam waktu yang lama mengakibatkan kurangnya pasokan udara untuk radiator. Hal ini dapat menyebabkan performa komponen terganggu dan meningkatnya suhu ruang mesin dan berpotensi menyebabkan overheat mesin mobil karena panas yang dilepaskan kurang optimal.

Jika situasi tersebut terjadi, ruang mesin yang suhunya meningkat akan sulit bekerja dengan optimal. Bahkan, jika terjebak dalam kondisi yang ekstrem, mesin mobil bisa mati mendadak akibat terjadi overheat. Saat mesin normal, sebenarnya oli telah membantu tugas radiator dalam mengurangi panas mesin. Namun masalahnya oli tidak memiliki sistem pendingin khusus sehingga akan kesulitan melepaskan panas yang berlebih saat macet.

Seperti dilansir Liputan6, oli mengalami penguapan secara alami saat suhu tinggi karena energi yang mengikat molekul hidrokarbon tidak sanggup menahan kondisi panas yang datang dari luar.

Jika pemilik mobil teratur mengganti oli setiap enam bulan sekali atau setiap sepuluh ribu kilometer, penguapan oli mesin masih cenderung wajar. Namun, jika pemilik tidak peduli dengan kondisi oli mesin, seperti tidak pernah memeriksa volume oli dengan dipstick, oli mesin dapat sewaktu-waktu habis tanpa disadari. Dan hal ini tentu akan memperberat kerja radiator sehingga ada potensi terjadinya overheat mesin mobil.

Sementara, volume oli harus terpenuhi sesuai dengan kebutuhan mengingat perannya untuk melumasi, mendinginkan, melindungi, dan membersihkan mesin. Jika volumenya tidak sesuai atau kurang, hanya akan mempercepat usia pakai mesin dan mudah rusak.

Jika kondisi komponen mesin turun, maka performa mobil juga ikut turun karena mesin akan kesulitan menggali tenaga. Selain itu, penggunaan bahan bakar juga lebih boros karena pengemudi akan menginjak pedal gas lebih dalam untuk memperoleh tenaga.

Kondisi terburuk dapat terjadi jika oli mesin benar-benar habis. Komponen mesin yang bekerja bergesekkan tanpa adanya pelumas oli akan mengakibatkan kemacetan dan rusak parah. Kalau pun ingin diperbaiki, biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal.

Sumber gambar: action gator tire

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *