Mobil Terbakar saat Kecelakaan, Apa Penyebabnya?

momobil.id – Kecelakaan beruntun yang terjadi di tol Cipularang menyebabkan beberapa unit mobil hangus terbakar. Berkaca dari kasus tersebut, pemilik kendaraan perlu mengetahui bahwa ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan mobil terbakar. Karena sebenarnya tidak semua kasus kecelakaan menyebabkan mobil sampai terbakar.

Menurut Imam Suyudi selaku Technical Head Section PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kebakaran mobil tidak akan terjadi jika tidak ada kebocoran tangki bensin. Bensin bocor yang mengenai sistem kelistrikan akan menyebabkan timbulnya api sehingga memicu kebakaran.

“Bahan bakar bocor biasanya terjadi saat kecelakaan dengan kondisi mobil terbalik dan sistem kelistrikannya mengalami korsleting. Kalau tidak ada yang bocor, mungkin tidak akan terjadi kebakaran,” Jelas Imam seperti dilansir Detikcom

Sistem kelistrikan yang memicu kebakaran biasanya muncul karena jarangnya dilakukan perawatan atau pernah dilakukan modifikasi pada bagian sistem kelistrikan. “Biasanya, mobil memiliki proteksi fuse sekring saat terjadi korsleting. Kalau cuma listik yang rusak, sekring biasanya akan mematikan arus listrik,” paparnya.

Fuse atau sekring adalah komponen mobil yang berfungsi untuk melindungi dan mencegah mobil dari bahaya korsleting atau kebakaran, serta menjaga agar arus listrik yang disalurkan tidak melebihi kebutuhan mobil.

Baca Juga: Mobil kamu termasuk irit atau boros? Begini cara menghitung konsumsi BBM

Meskipun begitu, jika bersentuhan langsung bahan bakar yang bocor, hal ini akan memantik api yang bisa menyebabkan mobil terbakar. Tidak menutup kemungkinan mobil baru juga dapat terbakar jika slang bensin bocor atau patah. Ada sedikit saja api, dapat dengan mudah menimbulkan kebakaran.

Sumber gambar: The Better India

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *