Empat Mobil Listrik yang Berpotensi Masuk ke Indonesia

momobil.id – Sejak 5 Agustus 2019, Presiden Jokowi telah menandatangani peraturan mengenai mobil listrik di Indonesia dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). Kemunculan Perpres tersebut membuka peluang besar mobil listrik akan masuk ke Indonesia.

Bersamaan dengan munculnya Perpres ini, beberapa produsen mobil pun mulai menyusun strategi untuk meluncurkan mobil listrik mereka ke pasar Indonesia. Berikut beberapa mobil listrik yang diperkirakan akan memasuki pasar Indonesia:

Suzuki Wagon R

Suzuki Wagon R
Suzuki Wagon R

Mobil listrik ini sudah terlebih dahulu diuji coba dan dikembangkan di India. Suzuki Wagon R listrik memiliki mesin sistem 72 volt dengan kapasitas baterai 10-25kWh. Diperkirakan, Suzuki Wagon R akan diluncurkan terlebih dahulu di India pada 2020.

Menanggapi Perpres tersebut, pihak internal Suzuki masih mempelajari isi dari kebijakan Perpres mobil listrik untuk langkah selanjutnya, apakah Suzuki Wagon R dapat memasuki pasar Indonesia. Kemungkinan Suzuki Wagon R akan dibanderol sekitar Rp145,1 juta hingga Rp186,6 juta jika memasuki pasar Indonesia.

Toyota Prius

Di pasar otomotif Indonesia, Toyota Prius menjadi mobil dengan teknologi PHEV termurah dikelasnya karena harganya yang tidak mencapai Rp1 miliar. Dengan harga yang cukup kompetitif di kelasnya, Toyota Prius menawarkan teknologi yang canggih dan mampu melaju hingga 135 km/jam.

Mercedez Benz e 300 EQ

Dengan mengusung mesin hybrid 2.0 liter turbocharged, Mercedez Benz e 300 EQ mampu menghasilkan 211 hp dan torsi 350 Nm dengan modul hybrid yang ditenagai oleh 122 hp dan torsi 440 Nm. Kombinasi kedua sistem menghasilkan tenaga 700 Nm.

Mobil yang termasuk golongan mobil mewah ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia dalam GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019. Harga yang dipatok pun cukup tinggi, mencapai Rp1,499 miliar.

BMW i3

Sebelumnya BMW i3 telah dikembangkan pada 2012. Lalu pada 2019, BMW I3 kembali lagi dikembangkan dengan peningkatan yang cukup signifikan dibagian mesin. Semula berkapasitas 22,6 kWh dengan kandungan baterai 60 Ampere (Ah) , pada 2019 ditingkatkan menjadi 120 Ah dengan kapasitas 42,2 kWh, dan mampu melakukan perjalanan sekitar 246 km dalam sekali pengisian.

Sumber Gambar: BMW Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *