Bahaya! Ini Sebabnya Tidak Boleh Tidur di Dalam Mobil dengan Mesin Menyala

momobil.id – Kebiasaan yang sering diambil oleh orang Indonesia adalah tidur di mobil dengan kondisi mesin dan AC dinyalakan. Namun tahu kah kamu bahwa ada bahaya yang mengintai jika tidur di mobil dengan mesin menyala? Banyak orang meninggal di mobil gara-gara tidur dengan kondisi seperti ini. Jadi, mengapa tidur di mobil dengan mesin menyala sangat bahaya?

Menurut Training Director The Real Driving Center, Marcell Kurniawan, hal ini sangat berbahaya apabila ada gas buang kendaraan yang bocor dan masuk kedalam kabin, lalu terhirup orang yang sedang tidur di dalam mobil.

“Fakta menunjukkan bahwa hanya membutuhkan satu jam hingga seseorang mati lemas ketika kadar oksigen di kabin berkurang, yang disebabkan oleh peningkatan akumulasi karbon monoksida di dalam kabin,” kata Marcell kepada Kompas.

Marcell melanjutkan, walaupun tidur di mobil dengan kondisi kaca yang sedikit terbuka, bisa sedikit meningkatkan kadar CO dan menurunkan kadar oksigen dalam darah. Hal itu dapat mengakibatkan kehilangan cairan dalam tubuh. Situasi ini berbeda jika dalam kondisi mengemudi atau mobil berjalan. Seseorang tidak akan keracunan CO lantaran dalam kondisi sadar. Ketika temperatur akan berubah atau nafas menjadi kurang nyaman, seseorang bisa mengambil tindakan dengan membuka jendela mobil.

“Tidak seperti sedang tidur, kita tidak menyadari perubahan yang ada,” kata Marcell. Lalu apa jadinya jika kondisi mesin mati dan jendelanya terbuka? Menurut Marcell, hal ini sebenarnya tak sepenuhnya aman, terutama jika posisi parkirnya berada di basement. Pasalnya, terkadang sirkulasi udara di dalam ruangan tidak bagus, sehingga level CO juga tinggi.

“Selain itu, risiko pencurian meninggi karena tidur membuka jendela,” katanya. Untuk melakukan ini, teruslah mencari tempat yang dirasa cukup aman jika sulit menahan kantuk. Misalnya, jika sedang berada di tempat istirahat, cari lokasi di dekat stasiun keamanan. Buka jendela sedikit dan matikan mesin kendaraan. Pastikan semua barang berharga seperti dompet, tas atau ponsel disimpan dengan benar di tempat yang tak terlihat dari luar.

Sumber gambar: TheConversation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *