Jangan Lupa Cuci Kolong Mobil Usai Rekreasi ke Pantai

momobil.id – Membawa mobil ke pantai bersama keluarga untuk rekreasi memang tak ada salahnya. Namun setelah berekreasi, pemilik mobil sebaiknya segera mencuci mobilnya, terutama jika digunakan untuk berjalan-jalan di atas pasir pantai. Cuci kolong mobil termasuk hal yang perlu dilakukan, karena kolong mobil bersentuhan langsung dengan pasir pantai.

Saat cuci kolong mobil, Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan Bandar Lampung, Nurrahman Adi Saputra, menyarankan agar kolong mobil disemprot menggunakan air bertekanan tinggi supaya seluruh pasir yang menempel bisa terjatuh.

Setelah kotoran sudah terjatuh, keringkan bagian yang telah dicuci hingga benar-benar kering. Cara lain untuk mengeringkan kolong mobil yakni berkendara dengan kecepatan konstan 80 km/jam agar air terbawa angin. Sedangkan bagian-bagian lain yang juga tak boleh luput dari perhatian ketika mencuci mobil seperti rem, kaliper, kampas rem, dan piringan. Jangan sampai ada sisa-sisa pasir pantai tertinggal sehingga dapat menyebabkan karat dan kemacetan rem. Sebagai proteksi tambahan untuk cat mobil, pemilik mobil bisa mengaplikasikan wax pada cat.

Baca Juga: Tip membersihkan mesin mobil agar bagian elektrik tidak korslet

Adapun mencuci mobil setelah mengunjungi pantai memang sebaiknya segera dilakukan. Alasan utama mengapa mobil harus segera dicuci setelah bermain di pantai lantaran pantai memiliki kadar garam yang tinggi sehingga dapat menimbulkan korosi pada beberapa bagian kendaraan.

Sumber gambar: fitmycar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *