Lebih Ramah Lingkungan, Hino Pamerkan Truk Bermesin Hybrid

momobil.id – Truk bermesin hybrid terbaru keluaran Hino Motors dipamerkan di Indonesian Auto Show pada 4-5 September 2019 di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan. Truk hybrid ini diklaim ramah lingkungan dan cocok untuk pasar Indonesia. Pameran ini memamerkan berbagai macam kendaraan listrik untuk pertama kalinya di Indonesia.

Hiro Kayanoki selaku Presiden PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), mengatakan truk dengan teknologi hybrid dapat ditenagai oleh listrik dan biodiesel, agar lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Seperti dilansir Tempo, Kayanoki mengatakan bahwa truk ini cocok digunakan di Indonesia selama masa transisi kendaraan diesel ke kendaraan listrik. Hino Hybrid menggunakan sistem hibrida diesel-listrik yang menghasilkan emisi gas buang yang lebih bersih dan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar karena sistem hibrida beroperasi saat penurunan akselerasi. Sumber energi berasal dari baterai dan mesin diesel. Penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien berkat saling melengkapi antara bahan bakar diesel dan baterai.

Hino Hybrid menggunakan baterai NiMH dan mengadopsi PCU, kombinasi ECU, inverter, dan baterai yang mendukung sistem hybrid. Ada juga teknologi Diesel Particulate Active Reduction System (DPR) dan Selective Catalytic Reduction (SCR) teknologi yang dapat menghilangkan partikel berbahaya dan juga mengurangi NOx.

Selain itu, Hino Hybrid juga dapat menggunakan produksi CPO domestik melalui biodiesel. Hal tersebut sesuai dengan yang diumumkan oleh pemerintah untuk B30 pada awal 2020 dan target B50 pada akhir tahun.

Sumber gambar: Hino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *