Daftar Mobil Listrik Pilihan di Ajang GIIAS 2019 dan IEMS 2019

momobil.id – Peraturan Presiden mengenai mobil listrik yang sudah ditanda tangani beberapa waktu membuat produsen mobil listrik seperti Toyota, Mitsubishi, hingga Mercedes Benz terus melakukan penetrasi ke pasar otomotif Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan dipamerkannya beberapa mobil listrik di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 18-28 Juli 2019 dan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) pada 4-5 September 2019.

Meski harganya masih cukup mahal untuk pasar Indonesia, mobil listrik tetap menarik untuk dilirik. Tanpa berpanjang lebar lagi, yuk simak daftar mobil listrik pilihan yang dipamerkan dalam dua pameran tersebut!

Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV
Sumber gambar: Mitsubishi

Mitsubishi Outlander PHEV memiliki mesin bensin 2399 cm3 yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 166 hp dan torsi maksimum 220 Nm.c. Disamping perpaduan mesin listrik dan bensin, mobil listrik hybrid ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih yang menambah kenyamanan berkendara.

Misalnya, dari sisi keselamatan, tersemat fitur multi around monitor, forward collision mitigation system, adaptive cruise control, dan blind-spot monitoring. Pemilik juga dapat melakukan monitoring jarak jauh saat Mitsubishi Outlander PHEV melakukan pengisian daya melalui ponsel pintar. Enggak kalah canggih ya dengan mobil konvensional! Bagi konsumen yang tertarik, Mitsubishi Outlander PHEV bisa dibawa pulang dengan merogoh kocek sebesar Rp1,2 miliar.

Toyota All-New Camry Hybrid

Toyota All-New Camry Hybrid
Sumber gambar: Toyota

Tren menghadirkan mobil listrik juga diikuti oleh Toyota. Mengusung All-New Camry Hybrid, Toyota menyematkan mesin VVT-i tunggal berkapasitas 2.5 liter. Mobil ini memang belum sepenuhnya menggunakan tenaga listrik, karena All-New Camry Hybrid memiliki dua sumber daya yaitu mesin 170 tk konvensional dan motor listrik hybrid sekitar 140 tk.

Toyota All New Camry Hybrid memakai transmisi CVT (Continous Variable Transmission). Dengan tranmisi Continous Variable Transmission, penumpang dan pengemudi hampir tidak merasakan perpindahan gigi dan suara mesin pun menjadi jauh lebih tenang.

Fitur keamanannya pun tak perlu diragukan. Toyota All New Camry Hybrid dibekali 7 SRS Airbag guna mengurangi risiko ketika terjadi kecelakaan. Ada juga fitur rear cross traffic alert yang akan memberikan notifikasi adanya kendaraan lain ketika pengemudi akan memutar arah. All New Camry Hybrid juga dilengkapi fitur blind spot monitoring yang akan memberitahu jika ada kendaraan lain di sekitar yang berada dalam titik blind spot. Untuk harganya, mobil ini dibanderol seharga Rp800 jutaan.

Mercedes-Benz E 300 e EQ Power

Mercedes-Benz E 300 e EQ Power
Sumber gambar: Mercedes-benz

E 300 e EQ Power terbaru dilengkapi dengan mesin bensin turbocharged 2,0 liter yang mampu menghasilkan 211 hp dan torsi 350 Nm dengan mesin listrik hybrid 122 hp dan torsi 440 Nm (kombinasi dari dua sistem menghasilkan kekuatan 700 Nm).

Mobil mewah ini mampu menempuh jarak 49 kilometer dalam mode all-electric dari daya 13,5 kWh bertenaga baterai. Waktu pengisian baterai mulai dari 10-100 persen hanya membutuhkan waktu kurang dari dua jam dengan pengisi daya 4 kW dan tujuh baterai. Sebagai kendaraan yang masuk dalam kategori mobil mewah, Mercedes-Benz E 300 e EQ Power dibanderol senilai Rp1,9 miliar.

Tesla Model X

Tesla Model X (2)
Tesla Model X (2)
Sumber gambar: Autoblog

Tesla Model X mengusung kapasitas baterai 75 kWh dengan daya tempuh 380 kilometer saat baterai terisi penuh. Mobil ini merupakan kendaraan listrik penuh atau BEV (Battery Electric Vehicle). Daya maksimum yang dikeluarkan adalah 329 daya kuda, sedangkan torsi maksimal menyentuh 525 Nm. Mobil ini mendapatkan penggerak semua roda dan dapat berakselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 52 detik dengan kecepatan tertinggi 210 km/jam.

Pengisian daya dilakukan menggunakan konektor Tipe 2 dan charger terpasang memiliki daya maksimum 16,5 kW. Dengan begitu, pengisian dari baterai yang sudah habis hingga penuh membutuhkan waktu sekitar lima jam 15 menit. Tetapi menurut Bluebird yang sudah menggunakan mobil ini sebagai armada Silver Bird, pengisian cepat menggunakan koneksi supercharger bisa memangkas waktu pengisian. Sehingga untuk mengisi daya dari kondisi baterai 10 persen hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 40 menit. Bagi yang berminat, bisa merogoh kocek Rp1,5 miliar untuk membawa pulang mobil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *