Eh Copot! Ini Penyebab Penyebab Knalpot Mobil Mendadak Lepas

momobil.id – Komponen yang mungkin dikatakan jarang disentuh pengguna mobil adalah knalpot lantaran memiliki periode masa pakai lebih lama daripada suku cadang mobil lainnya. Namun knalpot mobil bisa saja mendadak copot, dan hal ini terjadi bukan tanpa alasan.

Pada umumnya, knalpot mobil rusak karena masa umur pemakaian. Namun bisa saja knalpot rusak lebih cepat. Faktor lain yang menyebabkan knalpot mobil copot yakni kualitas rubber mounting yang sudah menurun. Hal ini bisa terjadi karena tidak adanya pegangan terhadap pipa yang tergantung. “Pada saat sudah sobek dan putus maka pipa bisa patah,” kata Hein dari Hein Knalpot seperti dilansir detikoto.

Lebih lanjut Hein menjelaskan bahwa setidaknya saat ini ada tiga bahan yang digunakan untuk knalpot, yaitu stainless steel, galvanis, dan monel. “Sekarang ini, sebagian besar bahan pipa knalpot mobil mulai menggunakan bahan yang disebut monel, yang memiliki karakter yang hampir sama dengan stainless steel,” jelasnya.

Baca Juga: Kenali kondisi kesehatan mobil melalui warna asap knalpot

Monel merupakan campuran nikel, tembaga, besi, belerang dan unsur-unsur lainnya. Saat berkarat, knalpot kemungkinan bocor. Masalah karat ini pun dapat ditemukan di berbagai lokasi knalpot. “Terkadang, tidak semua tukang knalpot bisa ngelas bahan monel. Jadi bisa terlepas karena mungkin belum matang hasil las-nya atau karena getaran mesin dalam pemakaian di jalanan,” tuturnya.

Sumber gambar: CarCareTotal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *